09.00 - 21.00
085810000610
085810000610
081289351110

bpd@betawipunyedistro.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Orang Betawi Punye Distro, Pernah Diborong Orang Brunei

Sunday, May 28th 2017.

betawi distroJakarta – Diijazah SMA-nya tertera nama Ahmad Sueab. Tapi anak Betawi asli Kemayoran ini lebih popular dipanggil Bang Davi. Lelaki berambut gondrong ini sudah turun temurun tinggal di Kemayoran hingga lima generasi.

Sebagai anak Betawi, ia aktif melestarikan kebudayaan Betawi melalui usaha kaos distro yang dinamakan “Betawi Punye Distro”.  Bang Davi juga giat mengenalkan Betawi melalui media sosial. Semula akunnya dinamakan Kemayoran Heritage, kemudian berubah menjadi Kampung Kemayoran.

Selain itu, ia juga aktif di setiap kegiatan kemasyarakatan dan kepemudaan. Di ormas kepemudaan, Davi bergabung di komunitas Macan Kemayoran, namun, akunya, ia hanya berada di belakang layar saja.

Bang Lahir yang lahir tahun di era 70-an, sempat mengalami suasana Jakarta dengan sarana trasportasi seperti Oplet dan Helicak. Saat itu, cari pekerjaan masih gampang.

Bicara Betawi Punye Distro,  Bang Davi ingin membuktikan, bahwa anak Betawi pun bisa berkarya. Seperti diakuinya, usaha kaos distronya itu berawal dari rasa iri yang positf. Ketika orang berkunjung ke Bali, ada Joger, sebuah brand terkenal kaos distro di Bali. Begitu juga saat orang ke Yogja, ada Dagadu. Sedangkan yang borong distro itu kebanyakan orang Jakarta, dan daerah lain.

“Nah, kalau Jakarta punya apa? Banyak turis domestic atau mancanegara yang sebetulnya ingin mencari distro khas Jakarta untuk cindera mata. Itulah sebabnya, ane bikin outlet Betawi Punye Distro. Meski saat ini mulai bermunculan usaha sejenis, kite nggak merasa tersaing. Bagi ane, yang penting kreativitas anak-anak Betawi bisa tersalurkan. Dan, ane punya temen-temen baru sesama pengusaha kaos distro,” papar Davi.

Saat ini, Betawi Punye Distro menjual produknya via online, medsos, hingga bazaar-bazar, atau setiap event acara kemeriahan budaya Betawi. Saat buka stand di Pekan Raya Jakarta (PRJ) beberapa waktu lalu (2016), boleh dibilang, penjualannya lumayan bagus.  Sampe orang Brunei yang sedang berjunjung ke Jakarta, borong kaos distronya hingga menghabiskan uang jutaan rupiah.

Bukan main, tiap bulannya, Betawi Punye Distro bisa memproduki sebanyak 1.000 kaos. Gerainya pun tersebar, ada yang di Sarinah, Atrium, Balaikota, Kota Tua, dan tempat lainnya.

“Kite produknya kelas premium. Biar mahalan dikit, tapi kualitasnya bagus, dan tidak pasaran. Designnya pun original. Nah, yang diminati, kebanyakan yang bergambar atau design Si Pitung dan Bir Pletok. Boleh dikate best seller, penjualannya sampe ke Australia dan Belanda.”

Distro yang merupakan singkatan dari distribution store  atau  distribution outlet, adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM), dan produk yang dihasilkan oleh distro tidak diproduksi secara massal, agar mempertahankan sifat eksklusif suatu produk dan hasil kerajinan.

Nah, Distro ini menjual kaos atau souvenir yang berhubungan dengan sejarah dan budaya Betawi atau Jakarta sekarang ini. Jadilah namanya “Betawi Punye Distro”. Betawi Punye Distro ini diharapkan dapat menjadi destinasi oleh-oleh khas Jakarta, sehingga para wisatawan dari dalam dan luar negeri tidak kesulitan dalam mencari oleh oleh atau souvenir Jakarta.

“Betawi Punye Distro sendiri pun berharap dapat mempresentasikan kepedulian terhadap kepariwisataan yang ada di Jakarta,” kata Bang Davi bangga.

Bagi yang minat dan ingin membeli kaos di “Betawi Punye Distro” bisa datang ke Jalan Kebon Kosong Raya No. F 70, Kel. Kemayoran, Kec. Kemayoran Jakarta Pusat,Indonesia, atau memesan via online www.betawipunyedistro.com. (des)

Sumber : www.orangbetawi.com